Friday 23 November 2018

Essay Belajar Pemrograman Dengan Efisien



BELAJAR PEMROGRAMAN DENGAN EFISIEN
Pada masa sekarang yang biasa disebut dengan era industri 4.0, kegiatan masyarakat khususnya kegiatan Industri tidak akan lepas dari teknologi. Karena industri 4.0 adalah industri yang menggabungkan teknologi otomatisasi dengan teknologi cyber. Ini merupakan tren otomatisasi dan pertukaran data dalam teknologi manufaktur. Ini termasuk sistem cyber-fisik, Internet of Things (IoT), komputasi awan dan komputasi kognitif.
Dari segi sumber daya manusia, di era Industri 4.0 sangat membutuhkan tenaga-tenaga IT yang cukup banyak. Selain itu, menjadi tenaga IT yang handal tidaklah mudah untuk dicapai. Kenapa kita harus menjadi Programmer kalau itu sulit? Kenapa tidak? Dengan begitu kita masih mempunyai banyak peluang untuk menjadi programmer. Kalau pemrograman itu mudah, maka semua orang sudah menempatkan diri sebagai programmer saat ini. Karena susah, itulah sebabnya masih banyak kesempatan dan tantangan buat kita untuk menguasai pemrograman.
Sebelum belajar pemrograman, alangkah baiknya kita menemukan motivasi untuk diri kita masing-masing. Karena setiap orang memiliki motivasi yang berbeda-beda. Motivasi sangat penting dalam membantu kita untuk tetap melaju ketika mengalami kesulitan dan bertemu rintangan yang sangat tinggi untuk dilewati.
Buatlah sebuah alasan kuat yang lebih spesifik mengapa kita belajar pemrograman. Misalnya, belajar pemrograman agar nantinya bisa bekerja di startup unicorn macam Gojek, Traveloka, Tokopedia, atau Bukalapak. Bisa juga belajar pemrograman agar nanti bisa merilis aplikasi X untuk membantu masyarakat tidak mampu untuk belajar. Dengan adanya alasan yang lebih spesifik kita bisa lebih fokus dan memiliki dorongan lebih untuk mencapainya.
Manusia pada dasarnya adalah makhluk sosial. Maka, saat belajar pemrograman janganlah lakukan sendirian. Cari orang lain yang juga sedang belajar agar bisa saling berbagi suka duka saat menemukan kesulitan. Akan lebih baik lagi jika bisa menemukan seorang mentor yang bisa membantu menyelesaikan kesulitan tersebut. Cara terbaik untuk mencari orang-orang tadi ialah melalui komunitas programmer.
Berbagilah pengalaman yang sudah kamu dapatkan. Kita juga tidak perlu menunggu untuk menjadi seorang programmer expert untuk membagikan pengalaman belajar pemrograman ke orang lain. Pengalaman yang kita dapatkan dapat kita bagikan lewat jurnal/blog maupun lewat mengajarkannya secara langsung.
Saat memulai belajar pemrograman, kita mungkin memiliki tujuan akhir untuk membuat sebuah aplikasi yang besar. Memiliki tujuan yang besar (dan spesifik) sangat baik dalam memberikan motivasi dalam belajar. Tapi, kita tidak bisa makan satu piring dalam sekali lahap. Harus sendok per sendok. Begitu pula dalam menyelesaikan suatu program.
Saat belajar, terkadang ada kecenderungan untuk mempelajari semuanya dulu baru mengaplikasikannya. Bagi programmer yang sudah berpengalaman mungkin strategi ini bisa berhasil. Tapi untuk programmer yang baru belajar, strategi ini bisa berbalik merugikan. Maka mulailah mempelajari dari apa yang dibutuhkan terlebih dahulu.
Ketika belajar hal baru, sebaiknya kita fokus kepada satu hal di satu waktu, one step at a time. Jangan langsung belajar semua sekaligus. Ketika kita ingin belajar Code Igniter fokuslah untuk belajar Code Igniter, jangan gabungkan dengan Pemrograman Java. Ketika keduanya sudah mahir, jika ingin menggabungkan kedua pemrograman tersebut tidak masalah.
Langkah selanjutnya adalah Coding setiap hari. Tidak perduli apa yang kalian pelajari baik itu Java, Code Igniter, C++ atau bahasa pemrograman yang lain. Baik mengerjakan program kecil maupun besar tidak masalah. Yang terpenting adalah tetap mengasah kemampuan untuk belajar coding setiap hari.
Awalnya berat memang. Jika terasa berat, ingat-ingat lagi motivasi kita belajar. Dan teman-teman bisa lihat bagaimana semua orang, bahkan expert sekalipun pernah mengalaminya.

Informasi Penulis
Kategori Essay     : Umum
Nama                    : Didik Abdul Mukmin
Alamat                 : Ds. Kumpulrejo, Kec. Parengan, Kab. Tuban
Instansi                 : Teknik Informatika Unugiri Bojonegoro
Telp.                     : 0822-2923-7898

Previous Post
Next Post

0 comments: