Saturday 26 May 2018

2 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop Dengan Mudah

2 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop Dengan Mudah


IP Address atau alamat IP bisa kita lihat ketika komputer atau laptop sudah terhubung dengan jaringan. Pada saat komputer atau laptop tersebut sudah berada dalam suatu jaringan, kita dapat mengetahui IP Address komputer tersebut melalui banyak cara. Namun penulis hanya menerangkan 2 Cara Melihat IP Address Komputer dan Laptop Dengan Mudah. Karena pada umumnya 2 cara tersebut yang digunakan oleh banyak orang untuk melihat IP Address

Apa Itu IP Address ?

IP Address (Internet Protocol Address) merupakan deretan angka biner antara 32 bit sampai dengan 128 bit yang digunakan sebagai alamat identifikasi untuk tiap computer host dalam jaringan internet. Angka 32 bit digunakan untuk alamat IP Address versi IPv4 dan angka 128 bit digunakan untuk IP Address  versi IPV6 untuk menunjukkan alamat dari computer pada jaringan internet berbasis TCP/IP.

IP Address tersebut memiliki identitas numeric yang akan dilabelkan kepada suatu device seperti computer, router atau printer yang terdapat dalam suatu jaringan computer yang menggunakan internet protocol sebagai sarana komunikasi.

Kali ini saya akan menjelaskan cara melihat IP Address pada computer dengan mudah. Ketika komputer kita terhubung pada suatu jaringan, maka disaat itulah komputer kita memiliki sebuah alamat ip (IP Address).

Banyak sekali metode bagaimana cara melihat alamat IP pada komputer, tapi saya hanya menggunakan 2 metode yang umum saja, yaitu melihat IP Address melalui command prompt dan melihat IP Address melalui Network Connections.

Cara 1 : Melihat IP Address melalui Command Prompt

1.     Masuk ke Command Prompt pada Start Menu atau dengan cara menekan tombol Win + R lalu ketikkan cmd kemudian tekan Enter.


2.     Pada jendela command prompt, ketikkan perintah ipconfig untuk menampilkan informasi mengenai daftar koneksi yang terdapat pada komputer anda, kemudian tekan Enter.


3.     Command prompt akan menampilkan daftar koneksi yang terdapat pada komputer anda beserta IP Address nya.



Cara 2 : Melihat IP Address melalui Network Connections

1.     Masuk ke Network Connections pada Start Menu atau dengan cara menekan tombol Win + R, lalu ketikkan ncpa.cpl kemudian tekan Enter.
2.     Pilih profil koneksi yang aktif atau yang sedang anda gunakan, lalu klik kanan kemudian pilih Status.


3.     Untuk melihat IP Address beserta informasi lainnya seperti subnet mask, default gateway, DNS dan lain-lain. Silahkan klik Details.


4.     IP Address yang kita butuhkan sudah tampil.

Note : ketika anda ingin melihat alamat IP pada suatu komputer. Pastikan anda terhubung pada jaringan.

Sekian artikel tutorial hari ini tentang 2 Cara melihat IP Address Komputer dan Laptop Dengan Mudah. Semoga apa yang saya sampaikan pada tulisan kali ini mudah dipahami dan bermanfaat tentunya.


Previous Post
First

0 comments: